dream, but don't sleep

Minggu, 02 Oktober 2011

Manusia dan Kebudayaan



A.  Manusia dan Kebudayaan
Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun. Budaya tercipta dari kegiatan sehari hari dan juga dari kejadian – kejadian yang sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa.
Budayaterwujud sebagai hasil dari interaksi antaramanusiadengansegala isiyangadadi alam raya ini.Manusiadiciptakan oleh Tuhandengandibekali oleh akal pikiransehingga mampu untuk berkarya dimuka bumiini dan hakekatnya menjadi khalifahdi muka bumi ini. Disamping itumanusiajuga memiliki akal, intelegensia, intuisi, perasaan,emosi, kemauan, fantasi dan perilaku.Dengan semua kemampuanyangdimiliki olehmanusiamakamanusiabisa menciptakankebudayaan
.
Adahubungan dialektika antaramanusiadan kebudayaan
.
Kebudayaanadalah produkmanusia, namunmanusiaitu sendiriadalah produkkebudayaan
.
Dengankata lain,kebudayaanadakarenamanusiayangmenciptakannya dan  manusiadapat hidup di tengahkebudayaanyang diciptakannya.Kebudayaanakan terus hidup manakalaadamanusiasebagai penduduknya.
Kebudayaan mempunyai kegunaan yang sagat besar bagi manusia. Hasil karya manusia menimbulkan teknologi yang mempunyai kegunaan utama dalam melindungi manusia terhadap lingkungan alamnya. Sehingga kebuyadayaan memiliki peran, antara lain :
1.    suatu hubungan pedoman antarmanusia atau kelompoknya.
2.    wadah untuk menyalurkan perasaan-perasaan dan kemampuan-kemampuan lain.
3.    sebagai pembimbing dan penghidupan manusia.
4.    Pembeda manusia dan binatang
5.    Petunjuk-petunjuk tentang bagaimana manusia bertindak dan berperilaku didalam pergaulan.
6.    Pengatur agar manusia dapat mengerti bagaimana seharusnya bertindak, berbuat dan menentukan sikapnya jika berhubungan dengan orang lain.
7.    Sebagai modal dasar pembangunan.

B. Pengaruh Budaya Terhadap Lingkungan
Budaya yang dikembangkan oleh manusia akan berimplikasi pada lingkungan tempat kebudayaan itu berkembang. Suatu kebudayaan memancarkan suatu ciri khas dari masyarakatnya yang tampak dari luar. Dengan menganalisis pengaruh akibat budaya terhadap lingkunganseseorang dapat mengetahui, mengapa suatu lingkungan tertentu akan berbeda dengan lingkungan lainnya dan mengasilkan kebudayaan yang berbeda pula. Dikarenakan manusia mendiami wilayah yang berbeda, berada di lingkungan yang berbeda juga. Hal ini membuat kebiasaan, adat istiadat, kebudayaan dan kepribadian setiap manusia suatu wilayah berbeda dengan wilayah yang lainnya.
Nama : Ahmad Hadi Assari


Tidak ada komentar: