dream, but don't sleep

Kamis, 29 Desember 2011

Manusia dan Keindahan

MANUSIA DAN KEINDAHAN

Makna Keindahan

K

eindahan berasal dari kata Indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Menurut The Liang Gie dalam bukunya “G,a-ris Besar Estetik” (Filsafat Keindahan) dalam bahasa Inggris keindahan itu diterjemahkan dengan kata “beautiful”, Perancis “beau”, Italia dan Spanyol “bello”, kata-kata itu berasal dari- bahasa Latin “bellum”. Akar katanya adalah ”bonum” yang berarti kebaikan kemudian mempunyai bentuk pengecilan menjadi’ ”bonellum” dan terakhir dipendekkan sehingga ditulis “bellum”.

Keindahan merupakan suatu karya, yang tertuang dalam suatu media maupun gerak, yang tercipta dari sebuah penjiwaan, yang merupakan bagian dari realita dalam bentuk yang diwujudkan, sehingga dapat memberikan suatu kenyamanan.

Sesuatu apapun itu dapat kita katakan sebagai suatu keindahan, tergantung penjiwaan seseorang yang menghayati sesuatu tersebut yang dianggapnya bukan sesuatu yang bukan biasa (Luar Biasa). Misalnya kita melihat ke langit (awan), kemudian mengatakan “langit itu sungguh luar biasa, tanpa penyangga dia tidak pernah jatuh & dan tanpa tinta dia bisa memberikan warna.” kita mengatakan demikian dengan penghayatan dalam hati bahwa langit merupakan suatu keindahan dari Tuhan Yang Maha Esa (Allah SWT) yang tak ada satu pun makhluk yang bisa membuatnya.

Sebenarnya keindahan itu selalu ada di sekitar kita, sesuatu yang kita anggap biasa-biasa saja. Sama seperti hidup ini, hidup ini akan terasa indah jika kita bisa menikmatinya.

Bagaimana cara menikmatinya??

Bersyukurlah!!

Bersyukur atas apa yang kita miliki, kita hadapi dan apa yang ada sekarang pada diri kita. Jika kita mendapat sebuah masalah maka bersyukurlah, karena Sang Pencipta tahu bahwa kita punya kemampuan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Yakinlah bahwa Sang Khaliq tidak akan memberikan sebuah masalah di luar batas kemampuan kita.

Keindahan itu ada di mana-mana.

Nama : Ahmad Hadi Assari

NPM :10211428

Kelas :1EA04

Web : www.Diassari.blogspot.com

e-mail : Ahmadhadi_ari@yahoo.com

Tidak ada komentar: