Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang
berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian
produk
dan jasa
demi memenuhi kebutuhan
dan keinginan. Perilaku konsumen
merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk
barang berharga
jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan
dengan mudah, sedangkan untuk
barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan
keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
Penilaian
Konsumen
Penilaian konsumen adalah suatu cara atau proses yang dilakukan oleh setiap
konsumen sebelum mereka melakukan keputusan untuk membeli suatu barang atau
menggunakan suatu jasa untuk memenuhi kepuasan mereka.
Macam-macam model
penilaian konsumen atau proses yang dilakukan konsumen untuk mengambil
keputusan :
- Penilaian “Complex Decision Making”
- Penilaian “Brand Loyality”
- Penilaian “limited Decision Making”
- Penilaian “Intertia”
Penelitian Konsumen
Metode
dan Teknik Penelitian Konsumen
1. Kualitatif
Metode ini dilaksanakan melalui
analisis-pewawancara yang sanga terlatih dan pewancara tersebut juga
menganalisis temuan-temuannya. Dengan demikian, mereka cenderung agak
subyektif. Metode ini juga berakar dari psikoanalistis dan aspek klinis
ilmu psikologi dan menekankan pada tipe pertanyaan terbuka dan jawaban bebas
unutk mendorong para responden agar mengungkapkan pemikiran dan kepercayaan
mereka yang paling dalam.
2. Kuantitatif
Metode ini bersifat deskriptif dan
digunakan para peneliti untuk memahami pengaruh berbagai masukan promosi
terhadap konsumen, sehingga memungkinkan para pemasar meramalkan perilaku
konsumen
Penentuan
Sampel
a.
Probabilitas
Hasil riset ini dapat diproyeksikan
ke keseluruhan populasi.
b.
Nonprobabilitas
Hasil riset ini diproyeksikan tidak
ke seluruhan populasi karena dianggap sudah memperoleh kesimpulan yang bersifat
“mewakili” populasi.
Segmentasi
Pasar & Analisa Demografi
Pengertian
Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah kegiatan
membagi suatu pasar
menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang
memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin
membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga
dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli
di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
Dasar–Dasar
Segmentasi Pasar Pada Pasar Konsumen
- Variabel geografi, yaitu : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
- Variabel demografi, yaitu : Variabel tersebut, antara lain: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll.
- Variabel psikologis, yaitu : kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian, manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.
Dasar–Dasar
Segmentasi Pada Pasar Industri
- Tahap 1, yaitu menetapkan segmentasi makro, yakni pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
- Tahap 2, yaitu sikap terhadap penjual, ciri–ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.
Ada Beberapa Syarat Segmentasi yang
Efektif, antara lain :
- Dapat diukur
- Dapat dicapai
- Cukup besar atau cukup menguntungkan
- Dapat dibedakan
- Dapat dilaksanakan
Manfaat Segmentasi Pasar
- Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran.
- Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
- Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya
Pengertian Analisis Demografi
Analisis Demografi adalah analisis penduduk dari rahim hingga liang kubur (from the womb to the tomb) karena meliputi analisis penduduk pada seluruh siklus kehidupanmanusia sejak dari kandungan sampai meninggal.
Demografi, ini merujuk data statistik penduduk, termasuk pendapatan, rata-rata umur, dan pendidikan. Kalau menurut Hermawan, demografi ini termasuk dalam Static Attribute Segmentation, atau cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar berdasarkan wilayah (negara,kawasan, propinsi, kota). Sedangkan demografi berati kita melihat pasarberdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama dan pendidikan.
Manfaat Analisis Demografi
Mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk dalamsuatu daerah tertentu.
Menjelaskan pertumbuhan penduduk pada masa lampau, kecenderungannya, dan persebarannya dengan sebaik-baiknya dan dengan data yang tersedia.
Mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial, ekonomi, budaya, lingkungandan lain-lain.
Pemperkirakan pertumbuhan penduduk (proyeksi penduduk) pada masa yang akandatang dan kemungkinan-kemungkinan konsekuensinya.
Proses Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen
Setiap
melakukan suatu tindakan,mengambil sebuah keputusan merupakan hal yang paling
penting untuk menentukan apakah hal tersebut dapat berdampak baik atau buruk
bagi kita,seperti keputusan dalam memilih sekolah,keputusan dalam memilih
karyawan,keputusan dalam membeli sebuah barang dan lain-lain. Dan disini kita
akan membahas bagaimana proses pengambilan keputusan oleh konsumen. Proses
pengambilan keputusan terdiri dari lima langkah, antara lain :
Pengenalan Kebutuhan
Pengenalan
kebutuhan mucul disaat konsumen mengahapi suatu masalah, dimana terdapat
perbedaan antara keadaan yang diinginkan dan keadaan yang sebenarnya terjadi.
Kebutuh harus diaktifkan sebelum dikenali.
Faktor yang
mempengaruhi pengaktifkan kebutuhan,yaitu:
- Waktu,konsumen yang terbiasa makan pagi,maka secara otomatis ia akan merasa lapar lagi pada siang hari.
- Perubahan situasi,konsumen yang melahirkan akan mengenali banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi.
- Pemilikan produk,memiliki suatu produk seringkali membuat konsumen tersebut menginginkan kebutuhan yang lain.
- Konsumsi produk,disaat produk yang digunakan konsumen tersebut sudah habis,maka konsumen itu akan membeli lagi produk yang sama.
- Perbedaan individu,pemikiran dari konsumen memiliki perbedaan dalam memilih sebuah produk,seperti konsume A membeli handphone karena handphone yang lama sudah rusak sedangkan konsumen B membeli handphone karen ingin mengikuti trend.
Pencarian Informasi
Setelah
mengenali apa yang dibutuhkan konsumen tersebut,maka sekarang konsumen akan
memulai proses pencarian infromasi tentang produk-produk yang konsumen
butuhkan. Ada dua jenis proses pencarian informasi,yaitu:
a.
Pencarian Internal
Konsumen akan
memutar kembali semua memori-memori mengenai informasi merek-merek produk yang
kemudian akan dipisahkan kedalam tiga kategori,yaitu perangkat pertimbangan
(merek-merek atau produk yang diterima konsumen),perangkat lambat (merek-merek
atau produk yang diacuhkan konsumen),perangkat tak layak (merek-merek atau
produk yang dianggpa tak layak).
b.
Pencarian Eksternal
Merupakan
pencarian informasi melalui sumber-sumber luar, seperti bertanya pada teman
atau penjual yang menjual produk tersebut,melihat iklan,membaca surat kabar.
Evaluasi Alternatif
Setelah
konsumen mendapatkan berbagai macam informasi mengani produk yang dibutuhkan,
maka konsumen akan mengevaluasi alterntif yang ada untuk mengatasi permahasalan
yang dihadapi. Dalam menentukan alternatif pilihan terdiri dari 6 teknik,antara
lain :
1.
Teknik
Kompensatori
Kelebihan
suatu atribut dari sebuah merek dapat menutupi kelemahan dari atribut lainnya.
Konsumen akan mengevaluasi keselurah atribut yang dimiliki suatu merek, lalu
konsumen tersebut akan memberikan penilaian secara keseluruhan.
2.
Teknik
Non Kompensatori
Berbeda
dengan teknik kompensatori, sebuah atribut merek ynag memiliki nilai yang
tinggi tidak bisa menutupi atribut merek yang memiliki nilai yang rendah.
3.
Teknik
Leksikografik
Kosumen
akan mengevaluasi merek alternatif berdsarakan atribut yang paling dianggap
penting.
4.
Teknik
Pengurangan Bertahap
Teknik
ini sama seperti teknik Leksikografik, tapi memiliki perbedaan dimana teknik
ini menetapkan bahwa nilai minimal atau standar merupakan atribut yang paling
dianggap penting
5.
Teknik
Konjungtif
Konsumen
akan menetepkan batas minimum standar atau nilai untuk setiap atribut yang
dievaluasi
6.
Teknik
Disjungtif
Teknik
ini memiliki persamaan dengan teknik Konjungtif,bedany teknik ini akan memilih
merek yang mempunyai nilai yang tertinggi pada salah satu atribut dari merek
tersebut
Keputusan Pembelian
Di tahap ini
konsumen membuat sebuah keputusan setelah mengevalusi alternatif yang ada.
Terkadang waktu yang dibutuhkan antara membuat keputusan pembelian dengan
menciptakan pembelian yang aktual tidak sama dikarenakan adanya
hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan.
Evaluasi Pasca Pembelian
Proses evaluasi
yang dilakukan konsumen tidak hanya berakhir pada tahap pembuatan keputusan
pembelian.Setelah membeli produk tersebut, konsumen akan melakukan
evaluasi apakah produk tersebut sesuai dengan harapannya.Dalam hal ini,
terjadi kepuasan dan ketidakpuasan konsumen. Konsumen akan
puas jika produk tersebut sesuai dengan harapannya dan selanjutnya akan
meningkatkan permintaan akan merek produk tersebut pada masa
depan. Sebaliknya, konsumen akan merasa tidak puas jika produk tersebut tidak
sesuai dengan harapannya dan hal ini akan menurunkan permintaan konsumen pada
masa depan.
Dalam proses
pengambilan keputusan terdapat 5 faktor yang mempengaruhi keputusan
konsumen,antara lain :
- Motivasi (motivation) merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
- Persepsi (perception) merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamnya terhadap rangsangan tersebut.
- Pembentukan sikap (attitude formation) merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang mencerminkan sikap suka atau tidak suka seseorang akan suatu hal.
- Intergrasi (integration) merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan. Integrasi merupakan respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong seseorang untuk membeli dan perasaan tidak suka akan membulatkan tekad seseorang untuk tidak membeli produk tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar